7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Apa yang akan Anda lakukan jika rumah Anda sudah mulai terasa panas? Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan AC. Adanya AC ii membuat kta bisa mengatur suhu sesuka hati. AC ini tersedia dari berbagai kapasitas, harga, dan juga ukuran.

Permasalah yang sering sekali dirasakan oleh para pengguna AC adalah AC yang jadi tidak dingin. Hal tersebut bisa jadi sebuah mimpi buruk. Penyebab AC tidak dingin  ini banyak sekali, untuk mengetahui jawabannya yuk langsung saja simak artikelnya:

  • Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

Salah satu komponen yang membuat kinerja AC maksimal adalah filter AC. Filter ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang ada dalam udara. Jadi semakin lama kotoranin bisa menyumbat saringan filter dan membuat udara jadi tidak dingin lagi. untuk mengatasi hal ini Anda bisa membersihkannya secara rutin. Cucilah filter ini satu bulan sekali supaya AC Anda tetap bersih.

  • Kondensor AC yang kotor

Bukan Cuma filter saja, konsendor AC yang kotor juga bisa membuat AC jadi tidak dingin. Kondensor AC ini biasanya ada di luar dan fungsinya ini adalah untuk memanaskan gas frein AC. Jika kondenso ini kotor maka tugas yang harus dia lakukan ini jadi tidak maksimal. Jika memiliki AC Anda juga harus membersihkan Kondensor ini dengan rutin supaya terhindar dari masalah AC tidak dingin. Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah, cukup bersihkan dengan sabuh dan juga air supaya kotorannya hilang.

  • Refrigerant¬†(freon) yang habis atau bocor

Refrigerant ini merupakan sebuah gas yang punya fungsi untuk membuat ruangan jadi dingin, merk Refrigerant yang cukup terkenal adalah Freon maka orang ini lebih mengenalnya dengan sebutan Freon disbanding Refrigerant. Jika Freon habis maka otomatis AC jadi tidak dingin, ciri jika hal ini terjadi ada sebuah pembekuan es di bagian pipa AC dan bisa juga ada suara desis yang di sebabkan oleh pipa yang bocor.

  • Pengaturan termostat yang salah

Jika Anda salah menetapkan suhu di AC hal ini juga pastinya bisa mengganggu Anda saat bekerja, jika suhu ruangan rumah Anda ini 23 derajat tapi Anda ini malah memasang suhunya jadi 26 derajat. Hal ini sudah jelas menjadikan AC Anda mengelurkan suhu yang lebih lama. Jadi perhatikan dan aturlah suhu denganbenar.

  • Pintu dan jendela yang dibuka

Saat Anda ini menyalajan AC maka Anda sebaiknya pastikan pintu dan juga jendela dari ruangan tersebut sudah tertutup rapat. Jika hal tersebut belum Anda lakukan maka bisa saja hal itulah yang membuat AC Anda jadi tidak dingin. Untuk mengatasi hal in icukup tutup pintu dan juga jendela sampai benar- benat rapat.

  • Ukuran AC yang tidak sesuai

Ukuran yang tidak sesuai juga bisa membuat AC anda jadi tidak dingin. Jadi sebelum Anda membeli AC sebaiknya pastikan dulu ruangan yang Anda pilih ini sesuai dengan kapasitas dari AC. Jika sudah terlanjur membeli ACnya Anda ini bisa menamba AC lagi yang ukuran kecil supaya ruangan jadi lebih dingin.

  • Masalah teknis internal AC

Masalah yang terakhir ijuga sering terjadi, hal in bisa jadi penyebabnya ada di bagian internal pada mesin. Jik hal ini terjadi sebaiknya Anda ini segera mengontak seorang teknisi untuk melihat kondisi AC Anda dan jika ada sebuah kerusakan maka kerusakannya ini bisa langsung di perbaiki.