Teknik marketing ini sudah sangat lazim digunakan untuk mendongkrak penjualan produk. Tak hanya influencer besar yang namanya sudah sangat terkenal dan memiliki verified account, influencer lokal pun banyak yang menerima tawaran paid promote dan endorse.

Sekilas, antara paid promote dan endorse terlihat sama. keduanya sama-sama menggunakan influencer atau KOL (key opinion leader) untuk mempromosikan produk. Namun sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Masih banyak orang yang salah paham dan mengira keduanya sama.

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan paid promote dan endorse dalam bisnis online, terlebih dahulu kita harus mengetahui masing-masing pengertian dari paid promote dan endorse. Dengan mengetahui masing-masing pengertiannya, kamu akan lebih mudah dalam membedakan keduanya. Lalu, apa pengertian paid promote dan endorse?

1. Paid promote

Pertama mari kita bahas mengenai istilah dari paid promote. Nah istilah ini digunakan apabila Anda membayar sebuah akun yang memiliki enggangment yang tinggi, baik itu selebgram, atau influencer atau akun publik lainnya.

Biasanya untuk materi konten berasal dari Anda, mereka hanya tinggal mempostingnya di akun mereka. Kontennya sendiri bisa berupa foto atau juga sebuah video.

Bagaimana tahu kalau akun tersebut memiliki engagement yang tinggi? Caranya cukup mudah, Anda bisa memperhatikan setiap postingan mereka, bagaimana tanggapan dari para pengikutnya, bagaimana kegiatan postingan akun tersebut. Itu cukup untuk menilai engagement.

Tapi, untuk memilih suatu akun menjadi paid promote, butuh hal yang lebih mendalam, seperti apakah akun tersebut punya kredibilitas yang dapat mewakilkan produk, sehingga nilai produk pun bisa naik, apakah influencer tersebut mewakili target pasar produk,tentu ini agar pesan terkirim dengan baik.

2. Endorsement

Endorsement hampir sama seperti paid promote, tapi tidak seperti paid promote di mana Anda yang menyiapkan konten, dalam endorsement Anda hanya perlu memberikan mereka brief tentang apa-apa saja yang bisa ditonjolkan dari produk Anda,

Salah satu keunggulan endorsement dibanding dengan paid promote sendiri adalah endorsement lebih soft telling. Dengan endorsement dari influencer atau selebgram akan membuat story teling tentang pengalaman mereka terhadap produk Anda.